top of page
  • Writer's picturedevenaltutotul

Buku Pelajaran Bahasa Arab Ma: Kumpulan Latihan dan Evaluasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ara



  • Buku Bahasa Arab MA tahun 2020 untuk Kelas 10, 11 dan 12 telah resmi diterbitkan dan disesuaikan dengan KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Didalam Buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2019 menguraikan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Bahasa Arab yang harus dicapai peserta didik di awal Materi Bahasa Arab.Buku Bahasa Arab MA untuk Kelas 10, 11 dan 12 sesuai KMA 183 Tahun 2019 menjadi buku pedoman implementasi kurikulum 2013 (K13) serta diharapkan menjadi pedoman untuk proses pembelajaran guna standarisasi kurikulum madrasah.Dengan adanya Buku Bahasa Arab MA (KMA 183) Tahun 2020 ini dapat memudahkan guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mampu memenuhi Kompetensi Dasar (KD) sesuai KMA 183 Tahun 2019.Selengkapnya terkait Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, silahkan lihat disini: KI - KD PAI dan Bahasa Arab MI MTs MA sesuai KMA 183 Tahun 2019.Buku Bahasa Arab MA (KMA 183) Tahun 2020 ini disediakan dalam bentuk digital oleh Dit, KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag untuk memudahkan akses baik bagi guru maupun siswa untuk mendapatkan bahan belajar yang telah melalui proses yang ketat.Baca Juga: Buku PAI dan Bahasa Arab MA - MAPK (KMA 183) Tahun 2019Dengan adanya Buku Bahasa Arab ini, Implementasi Kurikulum 2013 (K13) pada madrasah dapat sesuai berjalan dengan baik dan efektif,Materi Bahasa Arab MA Kelas 10 (KMA 183) Tahun 2019Materi Bahasa Arab MA Kelas 10 meliputi 6 Bab yakni;الدرس الأوّل : التّحيات والتّعارفالدرس الثّاني : الأسرة و البيتالدرس الثّالث : المدرسة والبيئة المحيطة بهاالدرس الرّابع : الحياة اليوميّةالدرس الخامس : الهوايةالدرس السّادس : ا لطّعام والشّرابَMateri Bahasa Arab MA Kelas 11 (KMA 183) Tahun 2019Materi Bahasa Arab MA Kelas 10 meliputi 6 Bab yakni;الدرس الأوّل : التسوقالدرس الثاني : الصحةالدرس الثالث : السفرالدرس الرابع : الحج والعمرةالدرس الخامس : تكنولوجيا الإعلام والاتصالالدرس السادس : الأديان في إندونيسياMateri Bahasa Arab MA Kelas 12 (KMA 183) Tahun 2019Materi Bahasa Arab MA Kelas 10 meliputi 5 Bab yakni;الدرس الأوّل : الرياضةالدرس الثاني : الشبابالدرس الثالث : الشعر العربيالدرس الرابع : الحضارة الإسلاميةالدرس الخامس : الدراسة في الجامعةDownload Buku Bahasa Arab MA (KMA 183) Tahun 2020Buku Bahasa Arab untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2020 sesuai KMA 183 berikut ini resmi diterbitkan oleh Dit. KSKK Madrasah. Silahkan unduh Buku Bahasa Arab MA melalui tautan berikut ini:Buku Bahasa Arab MA Kelas 10 (KMA 183) Download

  • Buku Bahasa Arab MA Kelas 11 (KMA 183) Download

  • Buku Bahasa Arab MA Kelas 12 (KMA 183) Download

  • Baca Juga:Buku Fikih MA Tahun 2020 (KMA 183)

  • Buku SKI MA Tahun 2020 (KMA 183)

  • Buku Akidah Akhlak MA Tahun 2020 (KMA 183)

  • Buku Al Quran Hadis MA Tahun 2020 (KMA 183)

  • Buku Bahasa Arab MA Tahun 2020 (KMA 183)

Demikianlah informasi tentang Buku Bahasa Arab MA (KMA 183) Tahun 2019, semoga dapat memberikan manfaat.Kamimadrasah


Unduh buku digital Bahasa Arab Madrasah Aliyah untuk kelas X, XI, dan XII secara gratis. Buku mata pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah ini memang diterbitkan dan disediakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag secara gratis. Untuk mempermudah akses memperolehnya, Ayo Madrasah ikut membagikan mirror link download.




Download Buku Pelajaran Bahasa Arab Ma



Buku Bahasa Arab untuk kelas 10, 11, dan 12 Madrasah Aliyah ini disusun dan diterbitkan tahun 2020 silam. Ini sebagai implementasi diberlakukannya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Dengan materi yang baru, tentu dituntut adanya perubahan pada buku pelajaran yang digunakan.


Kitab yang digunakan dalam pelajaran bahasa Arab ini adalah Duruusul Lughah Lighairin Naatiqiina bihaa (دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها), jilid ke-2.


Pengembangan buku teks mata pelajaran pada madrasah tersebut di atas diarahkan untuk tidak sekedar membekali pemahaman keagamaan yang komprehensif dan moderat, namun juga memandu proses internalisasi nilai keagamaan pada peserta didik. Buku mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab ini diharapkan mampu menjadi acuan cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari, yang selanjutnya mampu ditransformasikan pada kehidupan sosial-masyarakat dalam konteks berbangsa dan bernegara.


Kurikulum dan buku teks pelajaran adalah dokumen hidup. Sebagai dokumen hidup memiliki fleksibilitas, memungkinkan disempurnakan sesuai tuntutan zaman dan implementasinya akan terus berkembang melalui kreatifitas dan inovasi para guru. Jika ditemukan kekurangan maka harus diklarifikasi kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI c.q. Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) untuk disempurnakan.


Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah. Agar ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan dunia sekaligus di akhirat kelak. 2ff7e9595c


1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page